Februari 17, 2011
Posted by Taufik in Honda, Kawasaki.
Tags: CBR 250R, Ergonomi, GT 250, Honda, Hyosung, kawasaki, Ninja 250R
trackback
Bro sekalian motorcycle.com kembali menggelontorkan data dan Fakta Komparasi motor 250 cc. Kali ini adalah trisula maut motor 250 cc yang beredar di amerika adalah Kawasaki Ninja 250R, Honda CBR 250R dan Hyosung GT250. Ninja 250R masuk Indonesia dan sampai kini terus terjual, CBR 250R Baru akan dirilis (rumornya) akhir februari ini dan GT 250R pernah hadir di Indonesia sekitar tahun 2004-2006 cmiiw. Semuanya bermesin 4 tak DOHC. Ninja 250R mesin 2 silinder sejajar KARBURATOR , CBR 250R mesin Satu silinder EFI, dan GT 250 Mesin 2 silinder V berpendingin Udara . . . kayak apa hasilnya?
POWER DYNO
Pertama tama kita lihat power dyno nya. Terlihat lagi lagi Kurva Power yang ditampilkan Ninja 250R mencapai nilai tertinggi yakni 24,9 hp di RPM yang paling tinggi yakni 10,25 K RPM, CBR 250R menorehkan Nilai 22,6 hp di 9250 RPM dan GT250 cukup manteb di 24 hp pas di 10K RPM. Dari kurva Poer di atas juga terlihat bahwa pada rpm di bawah 10.000 terjadi pesaingan sengit antara CBR 250R dan GT 250, dimana power yang diperoleh keduanya rata-rata diatas Ninja 250R . . . disinyalir inilah yang menyebabkan CBR 250R sangat bejaban di adu Track jarak dekat, cmiiw
TORSI DYNO
Begitupun juka dilihat dari dyno Torsi . . Ninja 250R memiliki Nilai paling kecil diantara ketiganya, cuma 13 ft.-lb bro itupun dioperoleh di RPM tinggi 9 ribuan. .. CBR 250R sepertinya merupakan motor yang paling bertorsi diantara ketiga ini . . . torsinya 15.1 ft.-lb. pada 6500 rpm, cukup rendahkan?. Nah GT 250 sepertinya menawarkan opsi performa paling kompromistis diantara ketiga motor bengis 250 cc ini. Powernya yang senilai 14,8 ft. lb hampir menyamai Ninja 250R akan tetapi Torsinya cukup tinggi dan diperoleh di rpm yang cukup bejaban dengan CBR 250R. Yaaah memang begitulah karakteristik mesin twin V seperti juga karakteristik beberapa mesin Ducati, cmiiw. Fakta Power dan Torsi di atas menghasilkan kesimpulan mc.com : “make the Ninja difficult to ride around town compared to the Honda,” . . . naaah tapi bagaimana kalo dibuat balapan di Sirkuit? entahlah yang pasti mc.com bilang Ninja 250R sangat bersinar di highwat . .. artinya? silahkan simpulkan sendiri ya he he . . yahhh, silahkan pilih berdasarkan keminatan bro saja sekarang . . toh semuanya sudah jelas tak ada yang tertutupi he he
ERGONOMI
Bicara Ergonomi, berarti kita bicara 3 titik segitiga ergonomi . . tangan, seat(jok) dan tumit. Diantara ke tiga motor ini Ninja 250R memiliki jarak jangkauan tangan paling jauh, sedangkan CBR 250R lebih dekat sehingga lebih rilex, mungkin akan sedikit bermasalah buat yang tangannya panjang, karena kudu cukup menekuk. Ninja dan CBR sangat friendy beginner User karena seat heightnya (ketinggian joknya) cukup kompromistis apalagi buat rider Asia . .. yup 30,5 inchi . . . sedangkan GT 250 lebih menawarkan aura Big Bike yang kental dengan seat height yang lebi tinggi yakni 32,7 Inchi, wah kalo tmcblog yang ngetes kayaknya bakal . .. dinkliq detected
Honda pun memiliki Wheelbase (jarak antara dua roda) paling pendek yakni 53,9 inchi dibandingkan wheel base Ninja 250 yang 55.1 inchi dan wheel base GT250 yang sebesar 56.5 inchi. ini menyebabkan CBR akan lebih terasa mudah dan lincah dikendalikan dengan wheel base yang lebih pendek . . . sedangkan ninja dan GT250 akan terasa lebih manteb digeber dijalan panjang dan lurus dengan wheelbase yang panjang . . . dikarenakan wheelbase yang panjang ini, disinyalir sudah tentu saat menikung kudu ambil jarak/ ancang-ancang pula, cmiiw
MC.com pun mengungkap fakta karakteristik mesin satu silinder Honda yang sudah terasa maraung-raung pada rpm 8500, saat mencapai kecepatan 80 mph (sekitar 128 kpj) akan tetapi mc.com pun merasakan getaran mesin Honda ini sangat tidak biasa untuk sebuah mesin satu silinder . . . “This thing is smoother than a Single should be,” yup sepertinya inilah salah satu resep rahasia Honda yang berhasil meminimalisasi getaran Khas mesin satu silinder nya.
MC.COM MENJAGOKAN CBR 250R
Hasil akhir dari komparasi ketiga motor 250 cc ala motorcycle.com menempatkan CBR 250R ditempat pertama, Ninja 250R ditempat kedua, dan GT 250 ditempat ke tiga. Walaupun kalah secara performa power, CBR dipilih karena variabel KENYAMANAN, RINGAN, MEMILIKI VARIABEL TORSI YANG BESAR DAN MUDAH DIDAPAT Plus fakta bahwa CBR 250R jugalah yang paling Irit diantara ketiganya ( CBR 57 MPG, Ninja 250R 43 MPG ) . .. ssst belum lagi ditambah nilai Plus fitur C-ABS nya .. . begitulah menurut motorcycle.com .. . nah sekarang tergantung bro-bro semua dah mau pilih motor dengan karakteristik apa? semoga berguna
No comments:
Post a Comment
SILAHKAN KOMENTAR YA!!!