Thursday, March 24, 2011

Test Ride Minerva Megelli 250 RE dan Minerva Megelli 250 RV


REPOST : Full (bang haji)

Bro sekalian, saya kebetulan hari ini mendapat kesempatan dua kali test Ride Motor Baru Minerva .. . Megelli 250RV dan RE. Kesempatan Pertama saya dapatkan di saat semua rombongan media belum datang, saya coba Megelli 250 RV yang merupakan varian tertinggi megelli 250R. Saya ingin mencoba banyak variable. Karena ini motor sport,  maka Variabel yang akan saya gali adalah variabel performa. . . .Pemilihan sirkuit sentul merupakan pemilihan yang oke dan tepat karena akan banyak variabel bisa dirasakan dan diukur dengan maksimal
Oke langsung saja saya menggunakan Wearpack KulitTMC buatan AHRS, pants Nankai hadiah dari haji Ato, Glove AHRS, sepatu Tomkins Road, helm Nolan dan BalacLava . ..  Yaaah walau helmnya belum ada ceplakan SNI, saya pikir masih cukup safety he he he he.  Oke langsung ke acara test ride yaaa . . .  Lap pertama merupakan pengenalan Motor dan sirkuit . . . ternyata sirkuit sentul telah di pasangi cone-cone sebagai penunjuk racing line . . . akan tetapi beberapa titik seperti di R5 dan S-Besar ada sedikit kesalahan pemasangan cone dimana Racing line malah ditutup cone . ..  so berbekal ilmu dari Bro bona saat track day dengan CBR 600 akhirnya saya kasih Tahu pak Kristianto . ..  Al hasil saya bersama crew minerva akhirnya ngebenerin cone itu sehingga racing linenya bener .  . . . pffuuiih
Gimana Motornya sendiri . ..  quite good, gear 2 bisa mecapai 60 kpj bila digeber sampai red line. gear tiga diatas 95 . . . Akselerasinya?? walaupun cukup galak, tapi honestly IMHO saya masih pegang Ninja 250R . ..  Kumaha Top speednya . . . di Straight pada kesempatan pertama saya  cuma tembus 136 kpj. Oh Ya Motor Megelli 250 RV yang saya coba pertama kali berwarna putih, sudah menggunakan mesin terbaru, sok depan upside down 45 mm buatan Fast-ace . . . sebuah perusahaan suspensi dari taiwan. Kerja suspensinya cukup bagus, cukup soft, rebound nya bagus bisa menahan style terkestreem saya seperti down shifting dan nyaman saat dibawa nikung rebah
 
:roll: suspensi depan USD 45 mm fast Ace Taiwan untuk versi 250 RV
Gimana Ergonominya? Untuk keperluan Track . .. jujur, ergonominya lebih racy dibanding Ninja 250R . . . posisi strang dibawah yoke inilah yang menymbang feel racy pada motor ini . ..  sedangkan Ninja setangnya masih diatas Yoke. Segitiga Ergonomi pasti melibatkan footstep, menurut saya foot step depannya walau sudah menganut footstep racing masih kurang mundur, di beberapa tikungan ke kanan foot step sering nyentuk aspal sirkuit.  dan . .. he he he screennya nggak tembus pandang . . . bikin sulit saat nunduk di straight.
Di kesempatan kedua . . . Saya dilepas bereng dengan blogger ada SL.com, pak edo dan Mas Adi alon . . . saya masih peke motor yang sama dengan saat pakai pertama kali. . . diawal start,saya berada di posisi ke tiga dibelakang SL.com . . . akan tetapi di  R4 saya libas dua motor didepan berbekal ilmu gimana Fast out  pada Track day sebelum-sebelumnya berbekal pe de karena pake ban Battlax BT 45 depan-belakang. saya libas S kecil, S besar dengan cepat dan meninggal kan jauh SL.com . . . Malang 100 meter sebelum garis star . . . Motor Ngowossssss :( …. tiba-tiba aja power ilang dan motor mogok . . . waaaa… mirip kejadian Cecha di SBK Utah USA euuuy.
Yo wes saya diem di pinggir kiri sirkuit melihat SL.com mover take dengan mudah grrrhhhhh xixixixixi :mrgreen:sekitar 2 menit kemudian motor  pengganti datang, sebuah Minerva megelli 250RE yang suspensi depannya masih teleskopik biasa dan ban IRC RX 01 Road winner . . . Yo wes ceritanya ganti motor niiih .. . tapi gantinya bukan di pit stop. Secara Umum megelli 250 RE performanya mirip denganvarian RV . .. wong mesinnya podo bae :) bahkan dengan megelli 250 RE saya catatkan top speed 146 kpj !!
Tapi dengan Megelli 250 RE ini, untuk pertama kalinya saya merasakan masuk Gravel Sentul . . . ceritanya gini Di Straght saya baru tekan rem dan down shifting kira-kira 125 meter sebelum tikungan . . . alias late Braking, Di R1 sebenernya saya udah berhasil masuk racing line tapi saya kurang cepat counter steering untuk melawati apex . . . sehingga gagal .. .  dan motor saya luruskan saja terus ke gravel . . . motor saya nggak rem selama di Gravel . .. hanya berusaha mengendalikan motor agar nggak jatuh dan berhasil .. .  motor berhenti diujung gravel dalam keadaan tegak . . . tanpa baret sedikitpun . .  alhamdulillah . . . dan 3 lap berikutnya terus saya selesaikan. Memang terasa sekali perbedaan feel suspensi antara versi teleskopik dan USD . . . sok tipe USD dari fast-ace masih lebih baik untuk melibas tikungan demi tikungan sentul.
So OverAll motor ini sepertinya sudah masuk dalam penilaian baik sebagai motor sport . ..  penampilan gagah nan sporty, performa pun meningkat dibanding seri sebelumnya . ..  saya taksir power on wheel dari seri megelli 250 RE dan RV ada di sekitar nilai 21-23 hp sehingga cukup beralasan memang bila secara Performa seri Megelli 250 RE dan RV sudah lebih baik dari seri Megelli 250 R. Demikian test ride dan impressi riding yang saya lakukan . ..  walaupun sempetngerasaiin mesin ngowooos dan masuk grevel . . . surely ini merupakan riding experience yang cukup berarti bagi saya . . . review ini di tulis berdasarkan impressi yang saya rasakan di sirkuit, so silahkan share komentar bro semua . ..  semoga berguna

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR YA!!!

THANK YOU FOR VISITING FRIENDS TO MY BLOG SIMPLE.DO NOT FORGET TO FOLLOW my blog, FB LIKE ME, AND IT HERE EXCHANGE LINKS,DO NOT FORGET TO WRITE DOWN YOUR COMMENTS I WILL DIRECT YOUR TRIPBACK,, ^ _ ^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...