Monday, September 5, 2011

Mitsubishi Luncurkan Penerus Legenda Raja Pikap 4WD

 

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), ATPM Mitsubishi di Indonesia, telah meluncurkan Strada Triton HD-X sebagai pengganti pendahulunya, Strada Triton GLX, yang prosesinya dilakukan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (24/3). Mengandalkan pikap D-Cab baru untuk mempertahankan prestasi sebagai market leader dan legenda raja kendaraan 4WD di segmennya merupakan langkah berani Mitsubishi.

Bagaimana tidak. Dari sisi tampilan, tak ada perubahan yang signifikan pada eksterior, termasuk juga mesin masih mengandalkan 4M40 2,8 Liter Diesel. Kecuali desain velg dan ukuran ban sedikit lebih lebar (245/75 R16 dari sebelumnya 20516C) dan memakai jenis MT sehingga kehadiran HD-X ini bisa dibilang sebagai "facelift".

Pada HD-X ini, bentuk bukan jadi andalan KTB untuk mempertahankan posisinya di puncak teratas. Pembenahan atau peningkatan kualitas kendaraan dilakukan pada bagian kaki-kaki. Karena sasarannya diperuntukkan di pertambangan dan perkebunan dan sekaligus untuk menaklukkan medan yang tak bersahabat.

Makanya, di sampaing velg, ubahan dilakukan pada suspensi. Tetap masih mengendalkan daun per (leaf spring), hanya bila GLX terdiri dari 6 lembar, HD-X jadi 5 lembar yang dipadu sokbreker double action (belakang) tipe gas (sebelumnya sokbreker tunggal dan model oli).
Lalu, ada beberapa komponen lainnya juga mengalami pengembangan yang disesuaikan kekuatannya untuk medan berat. Sentuhan itu diberikan pada bagian front hub bearing yang dikasih oli seal untuk mencegah air atau lumpur masuk. Terus, pada steering gearboxs ditambah dust cover dengan tujuan yang sama.

HD-X juga dilengkapi dengan M-Locker Differential sehingga, ketika menaklukkan jalan off-road, roda tidak kehilangan traksi saat menerjang jalan tidak rata dan tanjakan.

1 comment:

SILAHKAN KOMENTAR YA!!!

THANK YOU FOR VISITING FRIENDS TO MY BLOG SIMPLE.DO NOT FORGET TO FOLLOW my blog, FB LIKE ME, AND IT HERE EXCHANGE LINKS,DO NOT FORGET TO WRITE DOWN YOUR COMMENTS I WILL DIRECT YOUR TRIPBACK,, ^ _ ^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...